Seberapa besar penghasilan yang bisa diperoleh sebuah blog? Dan
apakah blog bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang?
Pertanyaan semacam ini banyak diajukan oleh orang-orang yang ingin
mencari sumber penghasilan sebagai Blogger atau sekedar ingin
membenarkan diri bahwa menjadi Blogger itu tidak ada gunanya.
Barangkali
jawaban pertanyaan ini justru kembali kepada anda sendiri. Seberapa
besarkah penghasilan yang agan inginkan dari aktivitas blogging? agan
sendiri yang menentukan.
Yang pasti, dunia blogging sejatinya
menawarkan teramat banyak peluang. Sayangnya, terutama di Indonesia,
peluang ini belum banyak dimanfaatkan. Blog masih dianggap sebatas diary
online, atau paling hanya dianggap sebagai blog pribadi yang bersifat
personal. Padahal, jika dikelola secara serius dan profesional, blogging
bisa sangat menguntungkan dan memberikan penghasilan dalam jumlah yang
bakal membuat mata siapapun yang melihatnya melotot keluar.
Contoh nyata dari Blogger blogger yang sukses meraup keuntungan dari blognya antara lain:
1. TechCrunch.com
TechCrunch pada awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang
pengacara yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch
digawangi oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini
adalah teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh
TechCrunch adalah $200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan terutama
bersumber dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan
selama sebulan di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara
Rp.102.650.000!).
2. Mashable.com
Mashable adalah blog
yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web technology consultant dari
Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang editor tetap. Blog dengan
tag line “The Social Media Guide” ini membidik niche social media
sebagai sasarannya. Berdiri sejak tahun 2005, Mashable kini telah
menghasilkan uang $180,000 (atau setara Rp.1.847.700.000!) setiap
bulannya. Sumber penghasilan utama Mashable adalah dari iklan banner.
3. PerezHilton.com
PerezHilton adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh
Mario Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog
dengan niche entertainment dan mengusung tag line “Celebrity Juice, Not
from Concentrate” ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara
Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan banner.
4. Gothamist.com
Gothamist adalah
blog tentang berbagai sisi kota New York. Dibuat dan dikelola oleh Jake
Dobkin, blog dengan tag line “New York City News, Food, Arts and Events”
ini banyak mendapatkan penghasilan dari iklan PPC. Per bulan,
penghasilan Gothamist ditaksir mencapai angka $80,000 (atau setara
Rp.816.287.872!).
5. TimothySykes.com
Blog ini, sesuai
namanya, dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Timothy Sykes,
seorang pialang dan manager hedge fund asal Amerika Serikat. Dengan
niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak mendapatkan
penghasilan dari penjualan produk-produk affiliasi keuangan. Setiap
bulannya, blog dengan tag line “Short Selling Penny Stocks” ini
setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).
6. VentureBeat.com
VentureBeat adalah blog berita teknologi dan starts up yang dikelola
oleh Matt Marshall. Berdiri sejak tahun 2004, Venture Beat setiap
bulannya menghasilkan uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk
Matt Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC.
7. LifeHacker.com
LifeHacker adalah blog yang mengupas tentang tips-tips praktis dalam
kehidupan sehari-hari. Dikelola oleh Gina Trapani dan Nick Denton, blog
dengan tag line “Tips and Downloads for Getting Things Done” ini
menghasilkan $60,000 (atau setara Rp.615.899.999!) terutama dari iklan
banner.
8. TutsPlus.com
TutsPlus adalah blog unik yang
berisi tentang berbagai tutorial dan video tips-tips praktis. Dibuat
oleh Collis Taeed dan diawaki oleh sejumlah editor tetap untuk setiap
segmen tutorial, TutsPlus yang mengusung tag line “Mad Skills” ini
menghasilkan $55,000 per bulannya (atau setara Rp.564.575.000!). Sumber
penghasilan utamanya adalah iklan banner.
9. SmashingMagazine.com
Smashing Magazine adalah blog yang terutama ditujukan bagi para web
designers dan web developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine
memberikan penghasilan $50,000 (atau setara Rp.513.250.000!) terutama
dari iklan banner. Dibuat oleh Vitaly Friedman, seorang web developer,
pada tahun 2006, Smashing Magazine kini dijalankannya berdua bersama
Sven Lennartz, seorang web designer asal Jerman.
10. StevePavlina.com
Seperti namanya, StevePavlina.com dimiliki dan dikelola secara pribadi
oleh Steve Pavlina, seorang guru pengembangan kepribadian asal Las
Vegas, Amerika Serikat. Blog dengan tag line “Personal Development for
Smart People” ini memiliki penghasilan $45,000 (atau setara
Rp.461.925.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan PPC dan JV (Joint Venture). (kk)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar